Head Line News :
Home » » TRANSPORMASI BUDAYA

TRANSPORMASI BUDAYA

Kamis, 15 Maret 2012 | 0 komentar


Sekarang kita bicara masalah budaya, banyak hal yang unik dalam budaya, dan tak terhitung jumlahnya dimuka bumi ini, misalnya budaya Madura terkenal dengan kerapan sapinya, blitar terkenal dengan siraman gong bah pradah dan banyak yang lainya. Cerita sedikit tengtang masalah budaya, kalau di inggris kentut di depan umum tidak apa-apa, tapi kalau yang namanya bersin itu yang jadi perhatian semua orang disana, kenapa kok begitu karana kalau kentut itu membuang penyakit dari orang tersebut, tapi kalau bersin menebar penyakit. Itulah salah satu budaya yang ada di ingggris (cerita dari dosen Jamilah MA.)
Kita lihat perbedaan yang sangat seknifikan Inggris dan Indonesia, kita tahu sendiri kau budaya kita Indonesia kalau cumin bersin tidak jadi pusat perhatian orang tapi yang namanya kentut di depan umum sangatlah aib dan sangat malu, ini perbedaan budaya yang sangat mendasar budaya Inggris dan Indonesia. Kita tidak perlu jauh berbicara budaya antar Negara dalam budaya di Indonesia sendiri banyaklah perbedaan antar daerah masing-masing, dalam peresipsoi pernikahan setiap daerah pasti ada perbedaan.
Mengingat traspormasi budaya kita coba melihat perkembagan atau perubahan dari budaya lama menjadi budaya modern seperti saat ini, misalnya kalau dulu membajak disawah memakai sapi tapi kalau sekarang pakek traktor begitu pesat perkembangan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat. Nah dari inilah budaya secara pelan-pelan mengalami perubahan, kalau dulu sistim gotong royong dalam menanam padi dari sawah kesawah, tapi sejak adanya traktor melalui sisitem sewa.
Seiring dengan perkembangan zaman secara tidak langsung budaya lama akan mengalami perkembangan, kita tahu dahulu kala batik identik dengan pakaian orang tua, tapi sekarang di kalangan pemuda lagi tren-trennya memakai batik, bahkan kostum bola di selingin dengan batik, pemain badminton juga begitu, selain ngikut tren juga promosi budaya Indonesia ke dunia internasional. Begitu pula budaya berkaitan dengan aturan atau agama, norma, adat atau tradisi, hukum. Indonesia memiliki beragam badaya, Indonesia kaya dengan budaya, sekaligus disana budaya ada yang menjadi aturan yang harus di kerjakan di setiap individu atau sekelompok masyarakat, ada pula yang menjadi adat di setiap suku atau tradisi dalam sekelompok masyarakat, dan dengan aturan tersebut jadilah nurma atau aturan dan dari aturan itulah menjadi hukum.
Kita berfikir sejenak tentang transpormasi budaya apakah dengan transpormasi budaya ini akan membuahkan hal  yang positif atau bahkan sebaliknya, mumgkin ini jadi PR bagi kita, dengan perkembangan zaman yang sangat pesat kita harus tahu bangaimana cara menanggapi akan hal ini, yang paling disayangkan dengan masuknya budaya barat ke Negara kita Indonesia, kenapa tidak! Dengan masuknya budaya barat ke Indonasia pemuda-pemuda menjadi sangat menjauh dari budaya yang ada, malah tidak sedikit dengan bangga memakai budaya barat, yang paling seknifikan masalah pakaian yang banyak berpengaruh terhadap pemuda-pemuda kita. Dari sinilah kita harus intropiksi diri kita masing-masing. Kalau budaya yang positif sih tidak apa-apa, permasalahannya sekarang budaya barat  nigatif yang masuk kenegara kita.
Share this article :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Support : Penyejuk Hati | Madura News | Pondok Template
Copyright © 2011. Jawahir Mansuri - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger